Apakah Orang yang Sudah Meninggal Wajib Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

Jan 16, 2023
Sarat dan Rekomendasi

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang harus dikeluarkan saat menjelang Idul Fitri. Namun, seringkali muncul pertanyaan apakah orang yang sudah meninggal wajib membayar zakat fitrah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang hal ini.

Apa Itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Muslim yang mampu pada bulan Ramadhan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki peran penting dalam membersihkan harta kaum Muslimin dari kotoran dan kekurangan serta memperbaiki kekurangan puasa muslim.

Apakah Orang yang Sudah Meninggal Tetap Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Pada dasarnya, orang yang telah meninggal dunia tidak lagi terikat dengan kewajiban membayar zakat fitrah. Kewajiban zakat fitrah hanya berlaku bagi orang-orang yang masih hidup dan mampu. Jadi, keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang sudah meninggal tidak perlu lagi membayar zakat fitrah atas nama orang yang telah beralih ke alam lain.

Penutup

Dengan demikian, orang yang sudah meninggal dunia tidak wajib membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan. Kewajiban zakat fitrah hanya berlaku bagi orang yang masih hidup dan mampu. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk memahami lebih dalam mengenai kewajiban zakat fitrah dan pilihan-pilihan yang tepat dalam menjalankan ibadah zakat.