Apakah Kentut di dalam Air Membatalkan Puasa?

Jun 6, 2021
Info Terbaru

Kentut merupakan hal yang alami dan biasa terjadi pada setiap manusia. Namun, ada mitos yang beredar bahwa kentut di dalam air bisa membatalkan puasa. Bagaimana kebenarannya?

Mitos Kentut di dalam Air dan Puasa

Banyak orang percaya bahwa kentut di dalam air saat berpuasa dapat membatalkan ibadah puasa. Namun, dalam pandangan agama Islam, hal ini tidak benar. Tidak ada dalil syar'i yang menyatakan bahwa kentut di dalam air dapat membatalkan puasa seseorang.

Penjelasan Ilmiah

Kentut terjadi karena adanya gas yang terbentuk di dalam perut akibat proses pencernaan makanan. Ketika seseorang kentut di dalam air, gas tersebut akan keluar bersama dengan gelembung-gelembung udara yang terbentuk di dalam air.

Secara ilmiah, kentut di dalam air tidak memiliki kemampuan untuk membatalkan puasa. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Aktivitas kentut di dalam air tidak termasuk dalam hal-hal yang membatalkan puasa.

Pandangan Agama Islam

Dalam Islam, puasa diatur oleh syariat yang jelas. Memasukkan air ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung dengan sengaja, seperti minum atau mandi, dapat membatalkan puasa. Namun, kentut di dalam air tidak termasuk dalam aktivitas yang dapat membatalkan puasa menurut ajaran Islam.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, apakah kentut di dalam air membatalkan puasa? Jawabannya adalah tidak. Kentut di dalam air tidak membatalkan puasa seseorang menurut pandangan agama Islam maupun secara ilmiah. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi saat sedang berpuasa.

Jika masih merasa ragu atau ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait hukum agama Islam, sebaiknya konsultasikan dengan ahli agama yang kompeten.